Tiga Gunung di Seyegan

July 7, 2015 at 6:46 am Leave a comment

Kecamatan Seyegan memiliki tiga buah gunung yang sangat berpotensi menjadi obyek wisata. Salah satunya adalah Gunung Ngampon setinggi 400 meter yang ada di Dusun Japanan, Desa Margodadi, lokasinya sangat cocok untuk trackking atau berkemah, lokasi itu sering digunakan mahasiswa dan pelajar untuk berkemah. Lokasi tersebut juga cocok digunakan untuk acara pertemuan (gathering) di tempat terbuka, sehingga lokasi yang nyaman menjadi tempat tujuan yang banyak dicari.

Gunung Ngampon dekat dengan lokasi mata air Berduwur dan Tuk Si Bedug. Banyak orang bahkan dari luar Seyegan kerap datang ke mata air Tuk Si Bedug pada Selasa Kliwon atau Jumat Kliwon. Mereka mempunyai kepercayaan bahwa berendam di mata air peninggalan Sunan Kalijogo itu bisa meningkatkan kesehatan.

Pemerintah desa sudah pernah mewacanakan pembentukan lokasi wisata itu. Saat ini pemerintah sedang melihat dari sisi tata ruang. Sebab harus mempertahankan pertanian juga. Seyegan adalah penyokong lumbung pangan Sleman.

Selain Gunung Ngampon, ada juga dua gunung lain yang potensial, yakni Gunung Gedang dan Gunung Wungkal. Keduanya juga ada di Desa Margodadi. Sebuah jalan aspal sudah menyambungkan ketiga gunung itu sehingga akses jalan pun mudah.

Sebuah Taman Pemakaman Umum juga ada di lereng Gunung Wungkal di Dusun Beran, Desa Margodadi. Lokasinya tepat di terasering. Pada waktu malam lokasinya terang, sehingga tidak ada kesan seram.

Desa Wisata Grogol terletak di Margodadi, Seyegan, Sleman, Yogyakarta. Desa wisata ini merupakan desa budaya karena Dusun Grogol merupakan desa pembuatan wayang kulit dan gamelan.  Selain pengunjung dapat mempelajari proses pembuatan wayang kulit, pengunjung juga dapat menyaksikan pertunjukan seperti Karawitan, Wayang Kulit/Pedalangan, Campursari, Keroncong.

Selain dari pertunjukan tersebut terdapat upacara Tuk Bedhug yang merupakan sumber mata air di Desa Wisata Grogol. Terdapat juga obyek daya tarik wisata yang menarik seperti keindahan Lingkungan desa, bangunan kuno, Tobong gendeng, serta Petilasan Sunan Kalijogo: “KETANDAN”. Wisata kuliner juga tersedia di Desa wisata ini yaitu dengan makanan seperti Cethil, Sego Gudangan, Tumpeng.

Untuk menuju Desa Wisata Grogol ini pengunjung tidak akan mengalami kesulitan karena akses menuju lokasi ini dapat dicapai dengan mudah. Kendaraan roda empat maupun roda dua dapat masuk menuju lokasi karena telah dilengkapi fasilitas tempat parker yang luas yang dapat menampung sekitar 50 Mobil, 300 kendaraan roda dua dan 4 bus.

(Tribunjogja.com)

Entry filed under: jalan jalan, Seyegan. Tags: .

Batu Akik Kalsedon Permata dari Pacitan 15 Tanaman Pembersih Udara

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


angan keyen


caretan kecil penaku..
kerusakan lingkungan....
pedihnya kaum minoritas..

My account in facebook

My account in yahoo

My account in twitter

Calendar

July 2015
M T W T F S S
« May    
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  

Archives

Blog Stats

  • 51,645 hits

Share this blog

Bookmark and Share
Bookmark

Print and pdf

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 5 other followers

blog-indonesia.com
Best regards,

%d bloggers like this: