Upacara 17 Agustus 2014 ala Banyuurip Seyegan

September 7, 2014 at 2:58 pm Leave a comment

Malam itu adalah malam menyenangkan bagi kami, yaitu malam “lek-lekan” malam yang tidak seperti biasanya yang merayakan malam 17 Agustus di habiskan dengan hanya tidur sambil melihat televisi. Namun malam ini malam yang lain daripada malam yang lain bagi kami.

Malam persiapan peringatan 17 Agustus 2014 bagi indonesia yang nota bene-nya telah merdeka sejak 17 Agustus 1945, kami ikut mempersiakan segala sesuatunya, karena besok (tanggal 17 Agustus 2014), akan diadakan upacara 17 Agustus di perkiosan di Banyuurip Margoagung Seyegan. Upacara 17 Agustus ini dilakukan dengan model banyuurip, artinya model upacara bendera 17 Agustus dengan model jawa. Perayaan upacara 17 Agustus ini adalah kali ke-5 yang dilaksanakan di Banyuurip, Margoagung Seyegan.

Pagi cerah matahari pun tidak terhalang menyinari bumi, meskipun musim sudah tidak menentu karena dibilang ada ,pemanasan global, banyak orang menggembor gemborkannya namun setiap individu tanpa sadar merekapun penyumbang pemanasan global yang dilakukan. Coba deh kurangin sampah untuk mengurangi penyumbangan pemanasan global. Namun mulai pukul 09.00 WIB Bergodo yang berada di Seyegan dan sekitarnya mulai berdatangan untuk ikut merayakan acara 17 -an ini. Kalo Indonesia mempunyai Tentara Nasional Indonesi maka di Yogyakarta Khusunya di sleman, seyegan mempunyai prajurit juga yang biasa di sebut bergodo. Bergodo menggunakan pakaian dat khas jawa lengkap dengan topi dan senjata. Bergodo juga mebawa alat musik jawa yang menambah kemeriahan suasana pagi itu.

Acara dilakukan di kompleks perkiosan Margoagung. Perkiosan merupakan toko kecil milik Kelurahan Margoagung yang di gunakan dan disewakan untuk masyarakat Margoagung. Tumpeng merupakan makanan nasi yang di bentuk kerucut dengan dilengkapi dengan sayuran sebagai pelengkap. Ingkung merupakan ayam utuh yang dimasak dengan bumbu. Diperayaan upacara 17-an ini telah disiapkan 17 tumpeng 8 Ingkung 45 Golong, sebagai filosofi tanggal bulan dan tahun kemerdekaan Indonesia.

Kira-kira pukul 10.00 WIB bergodo mulai berbaris menghadap ke Utara, menghadap ke Merapi (ada hubungannya tidak ya) berbaris sesuai dengan bergodo masing masing.

Pembawa acara segera mengintruksikan untuk membariskan rapi setiap bergodo yang ada, uniknya pelaksanaan upacara ini menggunakan bahasa jawa halus.

Bahasa jawa halus yang digunakan menambah uniknya acara ini. Selanjunya perayaan dilaksanakan dengan prosesi upacara bendera pada umumnya, pakaian yang digunakan adalah pakaian jawa yang telah lengkap dengan accesoris khas jawa, mulai baju jawa, blangkon, senjata berupa tombak dan juga keris beserta alat musik jawa.

Lagu kenagsaan indonesia raya dinyanyikan dengan khidmad oleh ibu-ibu paduan suara berlatar belakang berdera merah putih yang mengiringi pasukan pengibar bendera yang juga menggunakan pakaian adat jawa

Setelah pengibaran bedera dilakuakan selanjutnya pembacaan pancasila dan juga UUD 1945 sudah agak siang dan semua prosesi upacara telah selesai dilaksanakan, maka upacara pun diakhiri dengan pawai berkeliling melewati daerah margoagung dan juga makam mbah bergas

Kirab Merti Desa Seyegan, Mabah Bergas tokoh yang berjasa di wilayah Margoagung Seyegan dan hasil bumi, Dusun Krapyak bergodo Asem Gedhe, Bergodo Gadung Melati

DSCN4845DSCN4846 DSCN4851 DSCN4853 DSCN4849

Entry filed under: budaya, sejarah. Tags: .

Mimi Lan Mintuno Batu Akik Kalsedon Permata dari Pacitan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Trackback this post  |  Subscribe to the comments via RSS Feed


angan keyen


caretan kecil penaku..
kerusakan lingkungan....
pedihnya kaum minoritas..

My account in facebook

My account in yahoo

My account in twitter

Calendar

September 2014
M T W T F S S
« Jul   May »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930  

Archives

Blog Stats

  • 51,645 hits

Share this blog

Bookmark and Share
Bookmark

Print and pdf

Enter your email address to subscribe to this blog and receive notifications of new posts by email.

Join 5 other followers

blog-indonesia.com
Best regards,

%d bloggers like this: